Tak Masuk Kabinet Demokrat Siapkan Pidato, AHY Harap Jokowi dan Para Menteri Dengarkan Suara Hati

0
113
AHY dan Demokrat Tak Masuk Kabinet Jokowi
AHY dan Presiden Joko Widodo

Kabinet Indonesia Maju sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin. SK pun sudah didapatkan 38 orang yang kini berjuang bersama Presiden dan Wakil Presiden.

AHY dan Demokrat Tak Masuk Kabinet Jokowi
Susunan Kabinet 2019-2024

Nama yang masih menggema di jagad dunia maya adalah sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pertanyaannya kenapa AHY tidak masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju, Pak Jokowi?

Demokrat merupakan salah satu partai yang mengusung rival Jokowi, Prabowo Subianto, di Pilpres 2019. Meski bertarung sengit, Demokrat nyatanya cukup akrab dengan Jokowi setelah perhelatan pemilihan kepala negara itu tuntas. Wasekjen Demokrat Andi Arief menyebut Jokowi sendiri ataupun pembantunya di Kabinet Kerja mengajak mereka merapat ke Istana.

“Pak Jokowi sangat ulet–langsung atau via pembantunya di kabinet–mengajak Partai Demokrat bergabung di pemerintahan setelah pilpres 2019,” kata Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Masih dari detikcom, jejak kedekatan Jokowi dan Demokrat sangat jelas terlihat selepas Pilpres 2019. Pada Kamis 2 Mei 2019, Jokowi bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY–saat itu Komandan Kogasma Demokrat.

Di bulan yang sama,  tepatnya tanggal 22 Mei 2019. Pada Juni 2019, AHY bersama keluarga bersilaturahmi menemui Jokowi di Istana dalam rangka Idul Fitri.

Dari serangkaian pertemuan tersebut, isu Partai Demokrat merapat ke Istana kencang berhembus. Puncaknya adalah saat Jokowi menerima SBY di Istana pada 10 Oktober 2019. AHY pun diisukan menjadi salah satu menteri Jokowi.

Usai bertemu SBY, Jokowi yang mengaku telah merampungkan susunan kabinetnya mengaku masih bisa melakukan perubahan di detik-detik akhir.

AHY dan Demokrat Tak Masuk Kabinet Jokowi
AHY Berbincang dengan Presiden Joko Widodo

“Ya mungkin ada pertimbangan masih bisa. Iya (setelah bertemu SBY),” ucap Jokowi saat itu.

Namun, kejutan terjadi. AHY tidak masuk jajaran kabinet. Bahkan, Politisi Demokrat lainnya pun tidak ada yang mewarnai jajaran kabinet.

Tidak ada nama menteri dari partai Demokrat yang dilantik oleh Presiden Joko Widodo di pemerintahan periode keduanya. 

Padahal Jokowi sempat bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka pada 10 Oktober 2019.

Pertemuan itu mengisyaratkan masuknya Demokrat di pemerintahan. Nama Agus Harimurti Yudhoyono digadang-gadang akan menjadi salah satu calon menteri Jokowi.

Selepas pelantikan digelar di Istana Negara, kemarin, AHY mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma’ruf dan jajaran Kabinet Indonesia Maju.

“Selamat mengemban amanah dan melanjutkan kerja besar 5 tahun mendatang. Saya doakan sukses dan benar-benar bisa membawa Indonesia semakin baik di masa depan,” ujar AHY seperti tertuang di akun media sosialnya seperti dikutip kemarin.

“Mohon berkenan untuk senantiasa mendengarkan suara hati dan pikiran rakyat Indonesia. Rakyat yang ingin diri dan keluarganya semakin sejahtera dan bahagia; rakyat yang ingin negerinya semakin aman dan damai, hidup rukun dan saling menghargai sesama anak bangsa; rakyat yang ingin negaranya semakin maju dan dihormati dunia,” lanjut mantan cagub DKI Jakarta tersebut.

Tapi hingga akhir pengumuman tidak ada nama AHY ataupun kader partai berlambang Mercy di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

AHY dan Demokrat Tak Masuk Kabinet Jokowi
Agus Harimurti Yudhoyono

AHY merespons dilantiknya jajaran Kabinet Indonesia Maju melalui akun twitter @AgusYudhoyono yang dirilis pada Rabu (23/10/2019) pukul 08.50 WIB.

Dia menyampaikan selamat kepada jajaran menteri Jokowi-Ma’ruf agar bisa membawa Indonesia semakin maju di masa depan.

Jokowi-Ma’ruf dan menterinya diminta untuk mendengarkan suara rakyat yang ingin diri dan keluarganya semakin sejahtera dan bahagia. Berikut tanggapan AHY soal pelantikan menteri Jokowi yang ditulis langsung olehnya di akun twitter.

“Bapak Presiden Joko Widodo & Wapres KH. Ma’ruf Amin, serta jajaran Kabinet Indonesia Maju yang saya muliakan, Selamat mengemban amanah dan melanjutkan kerja besar 5 tahun mendatang. Saya doakan sukses, dan benar-benar bisa membawa Indonesia semakin baik di masa depan.

Mohon berkenan untuk senantiasa mendengarkan suara, hati dan pikiran rakyat Indonesia. Rakyat yang ingin diri dan keluarganya semakin sejahtera dan bahagia; Rakyat yang ingin negerinya semakin aman dan damai, hidup rukun dan saling menghargai sesama anak bangsa;

Rakyat yang ingin negaranya semakin maju dan dihormati dunia. Salam hormat, AHY”

AHY dan Demokrat Tak Masuk Kabinet Jokowi
Cuitan AHY di Twitter

Menarik untuk ditelusuri lebih jauh posisi Partai Demokrat. Seperti apa ke depan?