Jonatan Christie Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa di French Open

0
109
Jonatan Christie Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa di French Open
Jonatan Christie Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa di French Open

Pasar Berita – Jonatan Christie akhirnya bisa mengikuti jejak Anthony Sinisuka Ginting berhasil melaju ke babak semifinal BWF World Tour Super 750, French Open 2019 setelah berhasil mengalahkan Anders Antonsen pada babak perempatfinal.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Jumat malam 25 Oktober 2019, terjadi pertarungan sengit dan aksi salip poin pada detik akhir pertandingan.

Dari babak pertama dimulai Jojo langsung melancarkan serangan ke pertahanan raja tunggal putra Eropa itu, hasilnya 4 angka beruntun didapatkan untuk membuka babak dengan keunggulan 4-0.

Terlihat dengan jelas bahwa juara Indonesia Masters 2019 kesusahan untuk menghadapi juara Australian Open 2019 itu, Anders terlihat kesulitan untuk menembus pertahanan Jojo, efeknya ketika interval pertengahan babak dia tertinggal dengan selisih 7 poin yaitu 11-4.

Setelah interval suasana pertandingan tidak ada bedanya, walaupun tertinggal angka lumayan jauh, belum terlihat Anders mengganti serangan. Sementara Jojo kelihatan semakin percaya diri dan lebih berani untuk memainkan bola-bola silang ke daerah pertahanan Anders.

Jonatan Christie Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa di French Open 1
Jonatan Christie Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa di French Open 1

Tetapi, ada beberapa kali Jojo membuat kesalahan sendiri sehingga jarak angka semakin menipis, pada menit 12 angka di papan skor tertulis 12-9 untuk keunggulan sementara di pihak Jojo.

Namun sangat disayangkan, Jojo tidak berhasil untuk mempertahankan keunggulan, pada  menit 18, pebulutangkis Denmark tersebut untuk pertama kalinya dapat menyamakan kedudukan angka menjadi 13-13.

Jojo sempat kembali unggul 14-13. Tetapi ternyata keunggulan itu tidak bertahan lama, Anders lagi-lagi dapat membalikkan keadaan malah unggul jauh 14-17 setelah mendapatkan 4 angka beruntun oleh smes-smes mematikan.

Saat memasuki waktu kritis Jojo berhasil menipiskan ketertinggalan angka setelah menghasilkan 2 angka untuk mengubah skor menjadi 16-17. Pada detik akhir babak pertama, Anders semakin menggila dan akhirnya pada menit ke-25. Sebuah smes keras Ia lontarkan untuk menutup babak pertama dengan kemenangan 17-21.

Kekalahan pada babak pertama membuat Jojo memanas, di babak kedua Ia langsung terus menyerang Anders tiada ampun sejak awal. Hasilnya dengan cepat Jojo unggul jauh 6-1.

Tetapi hanya saja, usai unggul Jojo mulai kehilangan fokus yang efeknya Anders dengan mudah dapat menipiskan angka menjadi 6-5. Dan ketika jeda Jojo masih dapat unggul dengan angka 11-6.

Tetapi, kembali lagi Jojo kehilangan fokus bermain dan mudahnya akhirnya Anders dapat menyamakan poin setelah interval menjadi 11-11. Tidak hanya itu, Anders malah balik unggul 11-13, setelah memperoleh 7 angka berturut setelah interval.

Jojo sempat menyamakan poin 13-13. Tetapi Anders kembali dapat menguasai perolehan poin dan unggul kembali dengan kedudukan 14-16. Bahkan di detik akhir babak kedua, Jojo masih tertinggal dua poin dengan skor 17-19.

Namun ternyata Jojo malah membuat Anders terkaget dengan berhasil menyerang dan berbalik unggul 20-19 usai mendapatkan 3 poin berturut. Dan akhirnya pada menit ke 53 sebuah smes Jojo tidak berhasil dikembalikan oleh Anders. Jojopun memetik kemenangan dramatis tersebut dengan poin 21-19.

Pada babak ketiga, Jojo mendadak lemas. Di awal babak saja dengan gampangnya Anders unggul dengan cepat pada kedudukan 1-5. Bahkan Anders terus unggul pada menit ke-60 menjadi 3-7.

Dengan kondisi yang ketinggalan, Jojo kembali membangun serangan dengan perlahan satu persatu poin bisa didapatkannya dan pada menit ke-63 Jojo berhasil menyamakan angka 7-7. Bahkan mampu mengungguli dengan 8-7. Malahan Jojo berhasil mempertahankan keunggulan dengan poin 11-9.

Usai pergantian arena, Jojo memperoleh 3 angka berturut daru hasil satu smes keras dan dua kesalahan pengembalian bola oleh Anders. Skor berubah dengan cepat menjadi 14-9.

Anders memperoleh 1 angka untuk memotong jauhnya angka menjadi 14-10, setelah itu Jojo kembali memetik 2 angka untuk unggul jauh 16-10. Sampai menit ke-75, Jojo tetap unggul angka 17-13. Akhirnya Jojo menutup babak ketiga tersebut dengan kemenangan telak dengan poin akhir 21-16.

Jonatan Christie Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa di French Open 2
Jonatan Christie Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa di French Open 2

Ini adalah pertemuan ketiga Jojo dan Anders, pada kedua laga sebelumnya mereka sama-sama imbang dengan saling mengalahkan.

Dengan hasil kemenangan ini, Jojo berhasil masuk ke semifinal untuk menantang pemenang pertandingan antara Ng Ka Long Angus dengan Viktor Axelsen.